Jalan-jalan ke 3 Kota di Jepang Habis 15 Jutaan doang???

HAI VIRTUAL TRAVEL PARTNER!


Yuk intip sedikit persiapan Overseas Journey aku waktu jalan-jalan ke negeri sakura di tahun 2019. Planning dan travel experience ini akan aku informasikan dengan lengkap ya, link referensi buat kalian juga akan aku cantumin. Bye Pandemi and Go Travelling again❤

HERE WE GO!

1. KNOW YOUR MOTIVE

Kenali motif kalian. Kalian travelling untuk apa? Jalan-jalan ke tempat wisata? Food Seeker

Setelah kalian mengenali motif tersebut, kalian bisa tau budget dan itinerary kalian akan lari kemana, jadi ngga asal yaaah.

Disini aku lebih ke Tempat Wisata yahh

2. DESTINASI & PERIODE

Lanzuuuut ke destinasi

Pilih negaranya (disini Jepang ya) 👉 Cek cuaca yang kalian inginkan 👉 Tentukan ke kota mana saja kalian akan pergi 👉 Tentukan tanggal perjalanan dan lamanya kalian travelling.

3. ITINERARY

Yuk sudah ketemu tanggal, cuaca, dan destinasi yang cocok, tinggal buat itinerary selengkap-lengkapnya. ARTI LENGKAP: sudah dengan jam dan lokasi jelas ya.

Kenapa harus lengkap? Disini kalian mulai menentukan akan menjadi backpacker atau sultan atau sultan backpacker? HAHAHA ini istilah ya.

FYI: aku disini kaum sultan backpacker HAHAHA fasilitas sultan, tapi harga promo.

Dari sini nanti kalian bisa menentukan pesawat, hotel, dan biaya lainnya di part BUDGET.

5. PASSPORT & VISA

Sebelum lanjut kemana-mana, kita bahas passport dan visa yuk! FYI: ini urus sendiri ya, tanpa travel agency.

A. Passport Biasa 
 
Ini cukup memakan waktu sih, karena harus urus visa biasa di Lotte Shopping Avenue. Dokumen yang diperlukan bisa cek di link ini ya 👉 VISA BIASA.
 
Perlu diperhatikan: pastikan flow debet-kredit rekening kamu stabil ya, di angka 10-20 juta per bulan, bukan uang dadakan yang tiba-tiba ada di rekening. Karna ini menentukan bisa di approve atau tidaknya pengajuan visa kalian. 

Ada BIAYA yang harus kalian keluarkan juga ya untuk visa biasa ini. Cek link di atas ya untuk infonya.

 
A. E-Passport 
 
Berbahagialah kalian wahai kaum update-update passport, karena kalian bisa langsung urus Visa Waiver di Kedutaan Besar Jepang yang berdomisili di Jakarta Pusat, 2 hari jadi. Dokumen dan syarat nya bisa cek di link ini ya 👉 VISA WAIVER

FREE yah, tanpa dipungut biaya apapun. 

 
4. BUDGET

Yuk masuk ke bagian menegangkan. JANGAN tentukan budget dari kantong kalian dulu, TAPI tentukan dari total perencanaan kalian ya. Karena masih bisa NABUNG kalo budget jalan-jalannya sudah terlihat.

A. Pesawat ✈ 
 
Travel Fair adalah solusi buat kalian. Aku dapet flight dengan Japan Airlines, rute CGK-NRT-CGK, direct, free meal, economi seat, dengan harga 4.000.000/ orang. 
 
Nah, karena tadi kalian sudah menentukan kota dan bandaranya, kalian bisa cek harga pesawat dengan bandara tujuan di itinerary kalian yaa. 
 
FYI: aku travelling selama 8 hari 7 malam. Pembelian tiket di 4 bulan sebelum keberangkatan, jadi waktunya cukup buat nabung dan prepare keperluan sebelum jalan-jalan. 

B. Penginapan 🏨 
 
Hotel vs Apartment? Jelas aku saranin Apartment. Kenapa? Lebih murah, lebih efisien karena pasti ada dapurnya, dan biasanya easy to access dari fasilitas umum.

FYI:  aku dapet Apartment di 2 kota berbeda yaitu Osaka (4 malam) dan Tokyo (3 malam) dengan harga 2.000.000 rupiah/ orang (total 4 juta ya kalau kalian sendiri)

Reference: AIRBNB apps. 

C. Attraction & Food Culinary 🎢 

Dari itinerary yang kalian buat, kalian bisa mulai cek harga tiket masuk tempat wisata yang kalian ingin kunjungi. Contohnya: Disney Land, Universal Studio, dll.

AWAS! Jangan sampai kejebak beli tiket ya, kalian harus pastikan apakah tiketnya sudah mencakup semua wahana atau belum, apakah gate nya cuman 1 atau 2. Sering-sering cek google biar ga misscomm yaa. 

Para food traveller juga jangan lupa cek range harga restaurant atau jajanan yang ingin kalian icip-icip selama disana yaa. Jangan biarkan kantong jebol selama disana cuman gara-gara makanan. 

Reference: Klook atau Traveloka Apps.

D. Public Transportation 🚌 

Ini harus disiapin juga ya. Kenapa? Karena kendaraan paling sering digunakan di Jepang adalah kereta, jadi penting banget buat kalian cek rute dan harga tiketnya.

Untuk jarak jauh kalian bisa pakai kereta dari JR Group ya.

Cek di JR Pass Indonesia untuk pembelian tiket dan informasi lengkapnya. Karena aku beli disini juga. 

FYI beli JR Pass gak bisa dadakan! Harus dari 2-3 minggu sebelum keberangkatan, tapi disini, bisa banget dadakan huhuhu NOT RECOMMEND tapi yaaa. Prepare jauh-jauh hari biar aman.

Harga: sekitar 3.500.000 rupiah di 2019. 

Tiket bus juga perlu banget kalian cek ya, contohnya untuk pergi ke Shirakawa Go kalian perlu bus yang dipesan jauh-jauh hari. Cek link Japan Bus untuk booking dan informasi lengkapnya.


E. Wifi & Charger 📱

Kenapa gak sim card? Soalnya lebih murah dan efisien pakai wifi portable, bisa lebih dari 3 device juga jadi bisa buat rame-rame. Pesennya gabisa mepet. Mulai cek harga wifi dan Universal Charger nya yaa.

Aku kemaren beli di PASSPOD. Karna suka ada diskon dan gampang banget pesennya.

F. Money Changer 💸

Sebelum jalan, kalian juga wajib banget tuker uang di money changer yaaa. Buat uang pegangan di dompet, dari pada tarik tunai di jepang langsung, nanti kena potongan adminnya mahal tsay.


YAY! Ready to goooo. Semua persiapan buat Japan Travelling nya sudah yaaaa. Tinggal nabung dan siapin koper kalian


Xoxo,

Uwi
Your Virtual Travel Buddy

No comments:

Post a Comment

 
Cute Pink Kaoani