Proposal Bisnis




PROPOSAL USAHA BISNIS “MIX HEALHTY CAKE”



DISUSUN OLEH:

NURUL WAHYUNING (16613742)
2SA01



I. PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Perkembangan zaman saat ini membuat masyarakat menjadi lebih hati-hati dalam memilih makanan, karna saat ini banyak makanan yang mengandung bahan kimia hingga dapat mengancam keselamatan masyarakat itu sendiri. Masyarakat menengah kebawah, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat pada makanan tersebut. Oleh karena itu, kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang sesuai dengan kualitas makanan tersebut dan tentunya aman untuk dikonsumsi karna menggunakan bahan herbal yang memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk kesehatan.
Berdasarkan uraian diatas kami ingin membuat kue dengan menggunakan bahan herbal yang dapat dikombinasikan dengan berbagai tambahan rasa dan topping. Kue ini memiliki beraneka ragam rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, kue ini dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi kue ini baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Kue ini pun dibuat fresh from oven, jadi pelanggan dapat menikmati kue yang masih hangat, dan apabila kue ini sudah dingin tidak akan merusak kandungan dan rasa dari kue tersebut. Dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha kue, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: MIX HEALTHY CAKE. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli kue kami dengan perasaan cinta kasih akan kenikmatan rasa MIX HEALTHY CAKE.

B.  Manfaat Usaha
a.    Manfaat Ekonomi
Usaha kue ini cukup menjanjikan, karna keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang sesuai dengan kualitas dan dengan produk yang disajikan pun dijaga dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.

b.    Manfaat Sosial
a)    Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang di seluruh kota besar di Indonesia hingga ke luar negeri. Usaha ini cukup menjanjikan, karna masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum menikmati keunikan dari rasa kue sehat ini, sehingga kita dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh pemilik usaha yaitu menjadikan usaha ini sebagai pengalaman dan tonggak awal memulai bisnis yang lebih besar lagi.

b)    Bagi Masyarakat
Dengan adanya usaha ini, dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak untuk membantu dalam kelancaran usaha.

C.  Rumusan Masalah
a)    Bagaimana tips untuk membuka usaha roti bakar yang baik dan benar serta tidak merugi.
b)    Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini.
c)    Bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis roti bakar.


D.  Profil Organisasi
Nama Usaha                        : Mix Healthy Cake
Jenis Usaha             : Kuliner
Alamat                        : Jalan Kemang Raya
Pemilik                       : Nurul Wahyuning

E.  Visi, misi dan tujuan
v  Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dan berdampak baik di masyarakat luas.

v  Misi
·         Memberikan kualitas dan penyajian yang terbaik.
·         Memberikan pelayanan yang terbaik.

v  Tujuan
·         Memperoleh keuntungan
·         Mensosialisasikan kepada masyarakat untuk hidup sehat dengan memakan makanan herbal yang baik untuk kesehatan
·         Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
·         Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha


F.   Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam rasa dan toping yang dimiliki, seperti :
a)      Green Tea
b)      Chocolate
c)      Coffee
d)     Strawberry
e)      Blue Berry
f)       Cheese
Topping:
a)    Mint cream
b)    Oatmeal
c)    Banana
d)    Strawberry
e)    Waffle
f)     Oreo

Dengan berbagai macam rasa dan topping tersebut maka masyarakat dapat memilih kue yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang kami berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya, sehingga baik bagi kesehatan dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen.

G.  Analisis SWOT

Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:

a . Strengths (Kekuatan)
·         Bahan baku makanan ini baik untuk kesehatan
·         Kue yang disajikan fresh from oven sehingga terasa nikmat saat dicicipi dan terjamin tingkat kematangannya
·         Tempat penjualan kue cukup strategis, dekat dengan jalan raya dan dikelilingi oleh tempat makan lainnya
·         Kue yang disajikan mempunyai beragam rasa dan topping sehingga dapat member kebebasan kepada konsumen untuk memilih kue seperti apa yang mereka inginkan
·         Ukuran kue yang dijual mulai dari small, large dan extra large

b. Weakness (Kelemahan)
·         Faktor tempat yang dikelilingi oleh tempat makan lain dapat menyebabkan penurunan konsumen
·         Faktor kenaikann dari harga sembako juga mengurangi permintaan konsumen.

c. Opportunities (Peluang / kesempatan)
·         Melihat banyaknya masyarakat yang menyukai makanan yang tidak membuat badan gemuk, kami melihat peluang ini untuk membuat kue dengan topping yang cocok untuk mereka
·         Hanya beberapa yang menjual kue dengan topping herbal, oleh karna itu kami menyediakan topping green tea dan mint
·         Kue dibuat dengan berbagai macam ukuran agar dapat mencocokan dengan keadaan keuangan konsumen sehingga dapat mencakup semua kalangan masyarakat

d. Threats (Ancaman)
Banyaknya masyarakat yang memunculkan makanan-makanan unik dan sehat lainnya, perusahaan terancam bangkrut kalau hanya mengandalkan rasa dan topping yang sama. Oleh karna itu kami akan memunculkan kreasi rasa dan topping yang baru serta peningkatan kualitas kue dan juga penambahan menu makanan dan minuman dengan rasa yang baru agar konsumen tetap melihat ketertarikan serta dapat bertahan pada menu yang ada karna kualitas yang kami hasilkan.

H.  Rencana Usaha

Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis Mix Healthy Cake yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.

2. Rencana Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu membuka cabang di setiap kota besar di Indonesia, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan adalah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama. Kami akan meningkatkan promosi di berbagai media untuk meningkatkan eksistensi usaha ini.

3. Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu, kualitas, dan kreativitas dari usaha kami ini. Kami akan membangun kerjasama dengan pabrik penyedia bahan baku agar mempermudah usaha kami dalam mendapatkan bahan baku tanpa kendala kehabisan bahan baku.

I.     Strategi Pemasaran

Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1. Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukannya. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli kue di tempat kita.

2. Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna media sosial sudah banyak digunakan masyarakat umum dan sangat mudah dan cepat dalam penyampaian informasi.

3. Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha Mix Heathy Cake ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.

4. Pengembangan Produk
Pengembangan produk dapat dilakukan dengan menambahkan jenis rasa dan toping lain serta menambah daftar menu seperti minuman green tea dan coffee. Sehingga jangkauan pasar yang dimiliki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat. Kami juga membuka pemesanan secara online agar mempermudah pelanggan.

5. Promosi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan, kami mempunyai beberapa cara, yaitu:
§  Pembelian kue lebih dari 3 ukuran Extra Large akan mendapatkan 1 kue gratis berukuran small dengan rasa dan toping bebas.
§  Pembelian paket kue plus minum lebih dari 3 porsi akan mendapat potongan harga sebesar 10%


J.   Analisis Operasional

Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
1.    Desain produk
Desain produk yang diusahakan adalah dengan topping yang dihias dengan gaya elegan dan penempatan Logo perusahaan dengan bahan gula dibagian atas kue.

2.    Pengawasan kualitas
Dalam mengontrol kualitas produk dari usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantita dari kue serta semua bahan baku yang ada, agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak jual dan makan.

3.    Marketing atau promosi
·         Analisis aspek SDM
Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait didalamnya. Adapun Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:
a)    Distributor
Kami melakukan kerjasama dengan distributor bahan baku kue, sehingga dapat mempermudah dalam mendapatkan bahan baku tersebut.
b)    Tenaga Kerja
Kami membutuhkan tenaga kerja yang tekun, tidak gengsi, mau bekerja, dan ramah.
c)    Masyarakat Sekitar
Masyarakat sekitar berperan penting untuk kelangsungan usaha ini, oleh karna itu kita harus memiliki hubungan baik dengan warga sekitar. Apabila warga sekitar senang dengan bisnis yang kita jalani, dampak baik pun akan berpengaruh kepada bisnis ini, demikian sebaliknya.

·         Analisis aspek financial
a)    Harga
Adapun produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari ukuran dan topping yang diinginkan oleh konsumen. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:

1. Small (1 porsi)                  : Rp. 35.000,-
2. Large (1 porsi)                  : Rp. 50.000,-
3. Extra large (1 porsi)          : Rp. 60.000,-

*NB : setiap ada tambahan topping, harga ditambah Rp. 10.000,-
·         Modal awal

Dapat di gunakan dalam jangka waktu yang panjang
1. Bangku + kursi (3)           : Rp. 1.000.000,-
2. Etalase (1)                         : Rp. 500.000
3. Dekorasi                            : Rp. 200.000,-
4. Banner nama toko (1)     : Rp. 100.000,-

Dalam jangka pendek (Maksimal 5 hari)

1. Green Tea                   1Kg     : Rp. 30.000,-
2. Chocolate                   1Kg     : Rp. 30.000,-
3. Coffee                          1Kg     : Rp. 30.000,-
4. Strawberry                   1Kg     : Rp. 30.000,-
5. Blueberry                    1Kg     : Rp. 30.000,-
6. Cheese                        1Kg     : Rp. 30.000,-
7. Mint cream                  1Kg     : Rp. 30.000,-
8. Oatmeal                       1Kg     : Rp. 30.000,-
9. Banana                       1Kg     : Rp. 30.000,-
10. Strawberry                1Kg     : Rp. 30.000,-
11. Waffle                        1Kg     : Rp. 30.000,-
12. Oreo                           1Kg     : Rp. 30.000,-

TOTAL UNTUK MODAL AWAL
Rp 2.160.000


II. PENUTUP
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Besar harapan kami agar proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal bisnis ini. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha roti ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini. Segala saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan dari semua pihak, dan semoga saja dapat menjadi acuan dan pelajaran bagi kami untuk menjadi lebih baik lagi dikemudian hari. Atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

 
Cute Pink Kaoani