Mengandalkan VS Diandalkan



'STOP mengandalkan orang lain, JADILAH orang yang diandalkan oleh orang lain'
-NRL-

Why? Why? And why?

Kita lebih sering mengandalkan orang lain ketimbang melakukannya sendiri.

'Ah engga kok. Kata siapa?'

Coba kita liat dari hal yang kecil. Saat orang lain minta tolong, kadang kita malas dan lebih sering menunjuk orang lain untuk melakukannya (sebut saja si 'rajin').
Contoh lain, kita mempunyai tugas kelompok, ada si 'rajin' di kelompok kita, lalu kita lupa akan tugas itu karna si 'rajin' ini bilang "biar aku yg kerjain deh".

Enak kan kalo hidup cuman ongkang2 kaki doang? BUT YOU WRONG GUYS! Tanpa lo sadar lo akan menjadi bodoh dan si 'rajin' akan bertambah terus ilmunya. DAN si 'rajin' ini akan menjadi yang diandalkan oleh orang2, sehingga orang lain akan bergantung terhadapnya, dan tidak bisa melakukan apapun tanpa bantuan si 'rajin' ini. 

"Jadi gue harus jadi si 'rajin' ini? Gue kan ga rajin!"

Bukan jadi si 'rajin' tapi jadi YANG DIANDALKAN.

Lagi2 why? Why? Why?

Ini baik untuk diri lo dan orang sekitar. Disaat lo menjadi yang 'diandalkan' lo akan lebih mengerti hidup, lo akan dapet pelajaran hidup, lo akan menjadi kebutuhan untuk orang lain.

"Nanti jadi sombong dong?"

Nah! Itu dia. Kalau kita tidak pintar dalam mengendalikan diri, kita akan menjadi si 'sombong'. 

"Trus gimana cara mengendalikan dirinya dong?"

Tetap anggap diri lo itu si 'bodoh' yang ingin selalu mempelajari segala sesuatu. Tetap percaya kalau masih ada yang lain yang lebih menjadi andalan semua orang. Tetap anggap diri lo sama dengan yang lain.

"Trus gimana caranya jadi 'yang diandalkan' ini?

Coba take in charge beberapa hal yang lo belom pernah lakuin sama sekali. Biarin orang lain take in charge di kerjaan yang biasa lo kerjain. 

Ginideh contohnya. 
Lo biasa nge-design baju, tas atau apapun. Tapi di jobdesk ada pilihan 'design', 'humas', 'acara'. Lo liat lo itu belom pernah nyobain jobdesk 'acara'. Lalu lo take bagian acara dan biarin orang lain take bagian design. Kalau orang yg take design ini bingung, lo WAJIB ngajarin dia. Dengan gitu lo akan menjadi yang diandalkan dan lo bisa membantu orang lain pula untuk menjadi yang diandalkan. Enough fair right?

"Hmm gitu ya. Okedeh aku akan jadi 'yang diandalkan'"

TAPI JANGAN LUPA. Tetep kasih tau orang yang mengandalkan mu, beritahu bahwa jangan sering2 mengandalkan kamu atau orang lain. Beritahu kepada mereka alasan diatas. Dan beritahu bahwa suatu hari nanti lo atau orang lain harus ngerjain pekerjaannya sendiri dan gak bisa dibantu siapapun. 

Lagi2 why? Why? Why?

Kita berbagi ilmu dan pengalaman. Kalau kita sudah tau mana yg baik dan buruk. Ada baiknya disampaikan ke orang lain hal baiknya. Semoga berkah. AMIN

Sekian tulisan absurd dari saya yang joms ini. See ya on next post! 😘😘

No comments:

Post a Comment

 
Cute Pink Kaoani