|
PROPOSAL USAHA BISNIS “MIX HEALHTY
CAKE”
|
|
DISUSUN OLEH:
NURUL WAHYUNING (16613742)
2SA01
|
I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan
zaman saat ini membuat masyarakat menjadi lebih hati-hati dalam memilih
makanan, karna saat ini banyak makanan yang mengandung bahan kimia hingga dapat
mengancam keselamatan masyarakat itu sendiri. Masyarakat menengah kebawah,
memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal
inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak
begitu memikirkan kandungan yang terdapat pada makanan tersebut. Oleh karena
itu, kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan
harga yang sesuai dengan kualitas makanan tersebut dan tentunya aman untuk dikonsumsi
karna menggunakan bahan herbal yang memiliki kandungan gizi yang cukup baik
untuk kesehatan.
Berdasarkan
uraian diatas kami ingin membuat kue dengan menggunakan bahan herbal yang dapat
dikombinasikan dengan berbagai tambahan rasa dan topping. Kue ini memiliki beraneka ragam rasa, sehingga konsumen
dapat memilih rasa yang sesuai dengan kesukaan mereka. Selain itu, kue ini
dapat dinikmati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi kue ini
baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Kue ini pun dibuat fresh from oven, jadi pelanggan dapat
menikmati kue yang masih hangat, dan apabila kue ini sudah dingin tidak akan
merusak kandungan dan rasa dari kue tersebut. Dengan alasan dan landasan
tersebut kami berniat untuk merintis usaha kue, dan usaha kami tersebut kami
beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: MIX HEALTHY CAKE. Dengan harapan
pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli kue kami dengan perasaan cinta
kasih akan kenikmatan rasa MIX HEALTHY CAKE.
B. Manfaat Usaha
a. Manfaat Ekonomi
Usaha kue ini cukup menjanjikan, karna
keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan
bagi pelanggan dengan memberikan harga yang sesuai dengan kualitas dan dengan
produk yang disajikan pun dijaga dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini
diharapkan dapat memberikan keuntungan.
b. Manfaat Sosial
a) Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan
usaha ini dapat berkembang di seluruh kota besar di Indonesia hingga ke luar
negeri. Usaha ini cukup menjanjikan, karna masih banyak daerah-daerah di
Indonesia yang belum menikmati keunikan dari rasa kue sehat ini, sehingga kita
dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh pemilik
usaha yaitu menjadikan usaha ini sebagai pengalaman dan tonggak awal memulai bisnis
yang lebih besar lagi.
b) Bagi Masyarakat
Dengan adanya usaha ini, dapat menjadi
alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka. Selain itu
juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang
membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang maka
membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak untuk membantu dalam kelancaran
usaha.
C. Rumusan Masalah
a) Bagaimana tips untuk membuka usaha
roti bakar yang baik dan benar serta tidak merugi.
b) Bagaimana cara mengantisipasi
persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini.
c) Bagaimana caranya agar kita bisa
meraih kesuksesan dalam berbisnis roti bakar.
D. Profil Organisasi
Nama Usaha : Mix Healthy Cake
Jenis Usaha : Kuliner
Alamat : Jalan Kemang Raya
Pemilik : Nurul Wahyuning
E. Visi, misi dan tujuan
v Visi
Menciptakan
sebuah usaha yang unggul dan berdampak baik di masyarakat luas.
v Misi
·
Memberikan
kualitas dan penyajian yang terbaik.
·
Memberikan
pelayanan yang terbaik.
v Tujuan
·
Memperoleh
keuntungan
·
Mensosialisasikan
kepada masyarakat untuk hidup sehat dengan memakan makanan herbal yang baik
untuk kesehatan
·
Mewujudkan
kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan
kesejahteraan masyarakat.
·
Membudayakan
semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan
masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
F.
Produk
Produk yang
kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam rasa dan toping yang dimiliki, seperti :
a) Green Tea
b) Chocolate
c) Coffee
d) Strawberry
e) Blue Berry
f) Cheese
Topping:
a) Mint cream
b) Oatmeal
c) Banana
d) Strawberry
e) Waffle
f) Oreo
Dengan berbagai macam rasa dan topping tersebut maka masyarakat dapat memilih kue yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang kami berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya, sehingga baik bagi kesehatan dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen.
G. Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis
ini adalah sebagai berikut:
a . Strengths (Kekuatan)
·
Bahan
baku makanan ini baik untuk kesehatan
·
Kue
yang disajikan fresh from oven sehingga
terasa nikmat saat dicicipi dan terjamin tingkat kematangannya
·
Tempat
penjualan kue cukup strategis, dekat dengan jalan raya dan dikelilingi oleh
tempat makan lainnya
·
Kue
yang disajikan mempunyai beragam rasa dan topping sehingga dapat member
kebebasan kepada konsumen untuk memilih kue seperti apa yang mereka inginkan
·
Ukuran
kue yang dijual mulai dari small, large dan extra large
b. Weakness (Kelemahan)
·
Faktor
tempat yang dikelilingi oleh tempat makan lain dapat menyebabkan penurunan
konsumen
·
Faktor
kenaikann dari harga sembako juga mengurangi permintaan konsumen.
c. Opportunities (Peluang / kesempatan)
·
Melihat
banyaknya masyarakat yang menyukai makanan yang tidak membuat badan gemuk, kami
melihat peluang ini untuk membuat kue dengan topping yang cocok untuk mereka
·
Hanya
beberapa yang menjual kue dengan topping herbal, oleh karna itu kami menyediakan
topping green tea dan mint
·
Kue
dibuat dengan berbagai macam ukuran agar dapat mencocokan dengan keadaan
keuangan konsumen sehingga dapat mencakup semua kalangan masyarakat
d. Threats (Ancaman)
Banyaknya
masyarakat yang memunculkan makanan-makanan unik dan sehat lainnya, perusahaan
terancam bangkrut kalau hanya mengandalkan rasa dan topping yang sama. Oleh
karna itu kami akan memunculkan kreasi rasa dan topping yang baru serta
peningkatan kualitas kue dan juga penambahan menu makanan dan minuman dengan
rasa yang baru agar konsumen tetap melihat ketertarikan serta dapat bertahan
pada menu yang ada karna kualitas yang kami hasilkan.
H. Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan
dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1. Rencana Jangka Pendek
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis Mix Healthy Cake yang
kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis
bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan
kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan
masa depan dan biaya kuliah.
2. Rencana Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya
akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu membuka cabang
di setiap kota besar di Indonesia, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci
awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan adalah raja, maka
dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama, karena tanpa pelanggan belum
tentu usaha ini akan bertahan lama. Kami akan meningkatkan promosi di berbagai
media untuk meningkatkan eksistensi usaha ini.
3. Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan
pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu, kualitas, dan kreativitas dari
usaha kami ini. Kami akan membangun kerjasama dengan pabrik penyedia bahan baku
agar mempermudah usaha kami dalam mendapatkan bahan baku tanpa kendala
kehabisan bahan baku.
I.
Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat
kami lakukan adalah:
1. Dari mulut ke mulut
Promosi ini
merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya
untuk melakukannya. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau
keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua
konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah
diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang
lain untuk membeli kue di tempat kita.
2. Dengan media Internet
Selain promosi
dari mulut ke mulut, promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media
internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna media sosial
sudah banyak digunakan masyarakat umum dan sangat mudah dan cepat dalam
penyampaian informasi.
3. Pengembangan Pasar
Selain
melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga
mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas
jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha Mix
Heathy Cake ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih
dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat
mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
4. Pengembangan Produk
Pengembangan
produk dapat dilakukan dengan menambahkan jenis rasa dan toping lain serta
menambah daftar menu seperti minuman green tea dan coffee. Sehingga jangkauan
pasar yang dimiliki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap
harinya kian meningkat. Kami juga membuka pemesanan secara online agar
mempermudah pelanggan.
5. Promosi
Untuk menarik
minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan, kami mempunyai beberapa
cara, yaitu:
§ Pembelian kue lebih dari 3 ukuran
Extra Large akan mendapatkan 1 kue gratis berukuran small dengan rasa dan
toping bebas.
§ Pembelian paket kue plus minum lebih
dari 3 porsi akan mendapat potongan harga sebesar 10%
J.
Analisis Operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan
ialah sebagai berikut:
1. Desain produk
Desain produk yang diusahakan adalah
dengan topping yang dihias dengan gaya elegan dan penempatan Logo perusahaan
dengan bahan gula dibagian atas kue.
2. Pengawasan kualitas
Dalam mengontrol kualitas produk dari
usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka
kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantita dari kue
serta semua bahan baku yang ada, agar para konsumen tidak mendapatkan produk
yang tak layak jual dan makan.
3. Marketing atau promosi
·
Analisis
aspek SDM
Untuk mendukung kelangsungan usaha ini
dibutuhkan beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait didalamnya.
Adapun Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini,
yaitu:
a) Distributor
Kami melakukan kerjasama dengan
distributor bahan baku kue, sehingga dapat mempermudah dalam mendapatkan bahan
baku tersebut.
b) Tenaga Kerja
Kami membutuhkan tenaga kerja yang
tekun, tidak gengsi, mau bekerja, dan ramah.
c) Masyarakat Sekitar
Masyarakat sekitar berperan penting
untuk kelangsungan usaha ini, oleh karna itu kita harus memiliki hubungan baik
dengan warga sekitar. Apabila warga sekitar senang dengan bisnis yang kita
jalani, dampak baik pun akan berpengaruh kepada bisnis ini, demikian
sebaliknya.
·
Analisis
aspek financial
a) Harga
Adapun produk yang kami tawarkan
memiliki harga yang bervariasi tergantung dari ukuran dan topping yang
diinginkan oleh konsumen. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai
berikut:
1. Small (1 porsi) :
Rp. 35.000,-
2. Large (1 porsi) : Rp. 50.000,-
3. Extra large (1 porsi) : Rp.
60.000,-
*NB : setiap ada tambahan topping,
harga ditambah Rp. 10.000,-
·
Modal
awal
Dapat di gunakan dalam jangka waktu
yang panjang
1. Bangku + kursi (3) : Rp. 1.000.000,-
2. Etalase (1) : Rp. 500.000
3. Dekorasi : Rp. 200.000,-
4. Banner nama toko (1) : Rp. 100.000,-
Dalam jangka pendek (Maksimal 5 hari)
1. Green Tea 1Kg : Rp. 30.000,-
2. Chocolate 1Kg : Rp.
30.000,-
3. Coffee 1Kg : Rp. 30.000,-
4. Strawberry 1Kg : Rp.
30.000,-
5. Blueberry 1Kg :
Rp. 30.000,-
6. Cheese 1Kg :
Rp. 30.000,-
7. Mint cream 1Kg : Rp.
30.000,-
8. Oatmeal 1Kg :
Rp. 30.000,-
9. Banana 1Kg :
Rp. 30.000,-
10. Strawberry 1Kg : Rp.
30.000,-
11. Waffle 1Kg :
Rp. 30.000,-
12. Oreo 1Kg :
Rp. 30.000,-
TOTAL UNTUK MODAL AWAL
Rp 2.160.000
II. PENUTUP
Demikianlah
proposal bisnis ini kami buat. Besar harapan kami agar proposal ini dapat
diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucapkan puji
dan syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga kami
dapat menyelesaikan proposal bisnis ini. Dan tidak lupa pula kami ucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal
ini.
Semoga
proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan
tahap awal kami dalam memulai usaha roti ini. Dengan selesainya proposal bisnis
ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan
ini. Segala saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan dari semua pihak,
dan semoga saja dapat menjadi acuan dan pelajaran bagi kami untuk menjadi lebih
baik lagi dikemudian hari. Atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terima
kasih.
No comments:
Post a Comment