Tips Berjualan Online


Online shop? Siapasih yang belum tau atau belum pernah dengar? 
Online shop di Indonesia sedang menjadi trend yang cukup populer. Selain tidak perlu repot-repot buka toko, online shop juga terkenal lebih praktis dan omset yang dapat diraih dari online shop tidak kalah membludak dibandingkan dengan offline shop. Biasanya online shop bisa menjadi toko ter-up to date, jadi kamu bisa tau barang-barang terbaru tanpa harus ngiterin satu mall buat ngeliatnya. Kamu bisa belanja hanya dengan handphone aja. Penawaran barang dilakukan penjual hanya dengan meng-upload foto barang yang dijual, semua tergantung angel yang kita ambil, orang tertarik barang pun terjual. Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar dibandingkan dengan offline shop. Wow cukup menarik kan?

Eitsss sebelum buat online shop banyak yang harus diperhatikan juga...
Disini aku ada sedikit check list sebelum buka online shop berdasarkan pengalaman aku
CHECK THIS OUT!

1. Produk
Sebelum membuka toko, kita harus tau barang apa yang kita mau jual. Perhatikan pasaran yang ingin kita tawarkan, karena ini online shop, jadi pembeli pasti beraneka ragam dan selera nya bermacam-macam, so pilih barang yang banyak dibutuhkan oleh orang-orang umum, agar usaha kamu bisa berkelanjutan seperti baju, sepatu, celana, dll.

2. Nama toko
Persiapkan nama untuk toko anda. Usahakan yang menarik tapi jangan terlalu sulit untuk dihafalkan, ini supaya nama toko kamu mudah diingat dan mudah dicari hehehe

3. Media
Jualan online tanpa gadget? BIG NO! Ini termasuk modal yaaa, kamu harus nyiapin pulsa internet setiap bulannya untuk jualan online hehe
Kamera? YES! Kalau menurut kamu kamera yang kamu punya kurang bagus untuk memotret dagangan kamu, kamu bisa kok pinjem sama sobat kamu. Gapapa deh yah kan usaha supaya dagangan laris, nanti pasti temen kamu ikutan seneng deh kalo dagangan kamu laku, dan pasti kamu bisa beli kamera yang bagus juga. Ini masih modal looooh hehehe
Website/Blog/Medsos lain? BIG YES! Kamu siapin website atau media sosial lain buat masarin dagangan kamu yaa.

3. Rekening bank
You'll need it guys. Buat rekening khusus untuk online shop kamu. Bank yang banyak digunakan adalah BCA dan Mandiri.

4. Info
IMPORTANT! info tentang toko kamu itu penting banget. Ini dia yang harus dicantumkan.
SATU produk yang kamu jual.
DUA nomor/line/whatsapp yang bisa dihubungi.
TIGA cantumkan exchange policy pada profil
EMPAT cantumkan material (bahan), harga, size, dll yang penting pada gambar yang kamu upload. Agar mereka tidak perlu bertanya lagi.

5. Friends
Ininih puncaknyaaaa. Pembeli adalah teman. Yap semua teman di web/medsos kamu adalah calon pembeli kamu. Mungkin kalau kamu jualan di facebook lebih mudah, karena kamu tinggal add as friend dan tunggu di approve. Tapi kalau Instagram? Wow lumayan susah yaaa. Disini ada tips uniq buat kamu yang mau berjualan di Instagram ya. SATU kamu harus punya relasi online shop, sebagai newbie kamu pasti sulit mendapatkan followers di instagram, online shop kamu perlu di promosikan oleh online shop yang followers nya sudah cukup banyak (biasanya lebih efektif kalau followers nya more than 10.000) nah ini gunanya relasi. DUA jangan spamming! Kamu bisa posting foto produk kamu di jam-jam yang efektif, biasanya pagi saat bangun tidur, siang saat makan siang, malam jam 8an disaat orang-orang selesai beraktifitas tapi belum mengantuk.

6. Be Patient and Keep Fighting
Sabar sama usaha adalah kunci sukses. Gak selamanya usaha online shop kamu akan stabil looooh, sometimes usaha kamu akan mengalami pemerosotan, yah itulah, disitu usaha kamu akan diliat. Kalau kamu terus usaha dan ganti teknik dagang kamu, pasti kamu akan lebih sukses dari sebelumnya. Karena disini kamu dilatih buat jadi pengusaha sukses, semuanya mulai dari yang kecil-kecil.

That's all what I learned from my online shop experience. Thank you and stay tune for the newest post yay :)

No comments:

Post a Comment

 
Cute Pink Kaoani